Rabu, 17 Mei 2017

Cara Menangani Komputer Yang Terserang Ransomware WannaCry

Halo guys, belakangan ini kita dihebohkan dengan keberadaan malware Ransomware WannaCry yang menyerang dunia. Penyebarannya yang begitu cepat melalui internet menimbulkan kekhawatiran besar di dunia. Malware yang satu ini dapat menginfeksi komputer secara diam – diam tanpa diketahui, dan tiba – tiba langsung mengenkripsi semua file yang ada di dalam komputer , akibatnya file yang terenkripsi tidak bisa dipakai.


Sejumlah rumah sakit di Indonesia mengalami serangan malware ini. Akibatnya para instansi yang mengalami serangan malware ini merugi puluhan hingga ratusan juta rupiah. Kejadian ini tidak hanya di indonesia namun sudah menyebar ke – 99 negara di dunia dalam kurun waktu 2 hari sejak hari jum’at 12 mei 2017.

Bahkan beberapa komputer dari teman saya terjangkit malware ini, dan akibatnya anime yang sudah lama dikumpulkan jadi terenkripsi semua :D , maka dari itu saya ingin berbagi tips penanganan jika komputer kalian terjangkit malware mengerikan yang satu ini.

Cara Penanganan Pertama Jika Komputer Terinfeksi ;

1. Restart komputer kalian, dan masuk dalam mode aman ata Safe Mode.
2.  Matikan atau Hilangkan Startup Virus dengan mengecek MSCONFIG.
3.  Kill Proses dan Service Virus dengan cara mengecek melalui Task Manager.
4. Cek dan Teliti folder temporary untuk menemukan file – file yang mencurigakan, folder yang harus kalian periksa diantaranya yaitu ;
-          Folder TEMP , bisa dibuka dengan cara Run dan ketikan %TEMP%.
-          Folder APPDATA, bisa dibuka di dalam “C:\Users\NamaUserKamu\AppData”.
-          Folder PROGRAM DATA, bida dibuka di dalam “C:\Program Data”.
      5. Cek juga file host di system anda dan hapus host yang mengarah ke webseite yang mencurigakan. Kalian bisa membuka dan mengeditnya dengan notepad. Untuk kalian yang tidak tahu dimana tempat file host bisa membuka di “C:\Windows\System32\drivers\etc”.

      6. Jika bertemu file seperti , Readme.txt.WCRY , License.txt.WCRY , History.txt.WCRY , !Please Read Me!.txt , !WannaDecryptor!.exe , Hapus file tersebut. Nah jika ingin menemukan file tersebut kalian harus , menampilkan setting file hidden di folder option.

      7. Bersegeralah untuk merstore data ke tanggal dimana komputer anda masih belum terinfeksi .

       Nah, Sebelum itu terjadi , ada baiknya untuk mencegah walaupun kabar mengatakan bahwa virus Malware  yang satu ini sudah di atasi oleh seorang pemuda dari inggris. Berikut tips dari saya untuk kalian cara mencegah  malware yang satu ini.

      1. Seperti yang dikampanyekan oleh KOMINFO, cobalah untuk mem-Backup data kalian kedalam media offline . Seperti kedelam hadrisk eksternal dan lain sebagianya.

      2. Gunakan Antivirus dengan proteksi yang kuat. Saya pribadi menyarnakan untuk menggunakan Eset Antivirus , dari pengalaman pribadi saya mengguanakan sampai sekarang tidak ada masalah dan proteksinya yang benar” handal.


      3. Kalian bisa juga menggunakan software anti malware lainnya seperti yang saya gunakan yaitu Iobit Malware Fighter versiterbaru. Di versi yang terbarunya , Iobit Malware Fighter sudah mendukung penangana malware untuk Ransomware.

Nah oke, begitulah tips dari saya cara mengatasi RansomwareWannaCry, mudah – mudahan bermanfaat. 

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search